DEFINISI MANAJEMEN

Definisi manajemen antara lain, yaitu:


  1. Manajemen yaitu suatu proses dimana pelaksanaannya suatu tujuan tertentu dilaksanakan dan diawasi (Encylopedia of The Social Science,dalam M. Manulang 1983).

  2. Manajemen yaitu fungsi untuk mencapai suatu tujuan melalui kegiatan-kegiatan orang lain, mengawasi usaha-usaha yang di lakukan individu untuk mencapai tujuan (Haiman,dalam M. Manulang 1983).

  3. Manajemen yaitu cara pencapaian tujuan yang telah di tentukan terlebih dahulu dengan melalui kegiatan orang lain (Georgy R. Terry,dalam M. Manulang 1983).

  4. Management is a distinct process consisting of planning, orgainizing,actuanting, and controlling performed to determine and accomplish stated objectives by the use of human being and other resources (Hasibuan,2004).

  5. Manajemen adalah seni atau ilmu dalam perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pemotivasian, dan pengendalian terhadap orang dan mekanisme kerja untuk mencapai tujuan (H.B Siswanto,2005).

  6. Manajemen Operasional adalah serangkaian kegiatan yang membuat barang dan jasa melalui perubahan dari masukkan menjadi keluaran, dimana kegiatan tersebut terjadi di semua sektor organisasi (Jay Heizer dan Barry Hander,2001).

  7. The term operations management refers to the direction and contro of the processes that transform inputs into products and services (Lee J.Krajewski dan Larry P.Ritzman,2002).

  8. Manajemen mutu adalah keseluruhan metode untuk mengatur mutu dalam suatu organisasi meliputi produk, jasa, kinerja proses dan sumber daya manusia (Miranda dan A.W. Tunggal,2003).

  9. Manajemen mutu terpadu adalah suatu pendekatan dalam menjalankan usaha dan mencoba untuk memaksimumkan daya saing organisasi melalui perbaikan terus-menerus atas produk, jasa, manusia, proses, dan lingkungannya (Siswanto,2005).

  10. Manajemen sebagai ilmu pengetahuan, karena telah dipelajari sejak lama, dan telah diorganisasikan menjadi teori dan manajemen sebagai suatu seni, di sini memandang bahwa di dalam mencapai suatu tujuan diperlukan kerja sama dengan orang lain, bagaimana cara memerintahkan pada orang lain agar mau bekerja sama (M.Manulang,1983).

  11. Manajemen sebagai suatu kolektivitas manusia yaitu merupakan suatu kumpulan dari orang-orang yang bekerja sama untuk mencpai suatu tujuan bersama (M.Manulang,1983).

No comments:

Post a Comment