Esensi Manajemen

Pengartikulasian kata secara tepat diperlukan dalam memahami manajemen. Hal tersebut, untuk mencegah salah pengertian, salah kaprah, dan salah kiprah yang tidak lain merupakan masalah. Dan ringkasan ini memecahkan masalah sebenarnya apa esensi manajemen sebagaimana nyata membingungkan dari karena sering terdengar menurut ini manajemen itu dan menurut itu manajemen adalah ini.

Esensi manajemen dibuka dengan kunci sakti 5 W 1 H. Jawaban terhadap kunci sakti tersebut, dicari dan kemudian dipegang secara sendiri sehingga mempunyai makna sesuai dengan konsep, prinsip, teknik serta proses manajemen.
  1. Who is a member of management? Manajemen beranggotakan sekelompok orang.
  2. What does management do? Mengkoordinasikan, dan mengintegrasikan sumber daya secara optimal dalam memperoleh nilai tambah.
  3. How is it done? Melalui usaha orang-orang dengan berbagai metode dan alat berbasis keilmuan.
  4. When is management necessary? Saat stakeholder dan bawahan menghadapi masalah besar yang memerlukan pengambilan keputusan tepat mencapai tujuan.
  5. Where is management found? Manajemen ada dalam organisasi. Why is management necessary? Agar aktifitas kelompok orang berlangsung efektif dan efisien.

Dengan demikian sedikit tetapi niscaya dalam setiap pengertian manajemen akan terkandung elemen-elemen sebagai esensi manajemen. Esensi yang dimaksudkan tidak lain: dalam manajemen terdapat tujuan yang ingin dicapai, pencapaian tujuannya didelegasikan kepada para bawahan berbasis kinerja dan uraian tugas yang jelas, serta dalam manajemen ada penggunaan sumber daya, bantuan fasilitas pendukung yang terkoordinasi dan terintegrasikan dalam suatu organisasi dengan memperhatikan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, pengendalian terpadu efektif, efisien dan berdaya produktivitas memuaskan.
Manajemen menampakan dirinya sebagai kegiatan yang dilakukan sekelompok orang dalam sistem kerjasama dengan bantuan sumber daya dan semua fasilitasnya secara efektif dan efisien. Pendek kata, adalah kerjasama.

No comments:

Post a Comment