CEPATNYA PERUBAHAN BISNIS GLOBAL


Istilah bisnis international
Bisnis international adalah bisnis yang kegiatan kegiatannya melewati batas-batas negara.
Bisnis luar negeri berarti operasi operasi domestik di dalam sebuah negara asing
Perusahan multidomestik adalah sebuah organisasi dengan cabang cabang di banyak negara yang masing-masing cabang merumuskan strategi bisnisnya sendiri berdasarkan perbedaan-perbedaan pasar yang difahami
Perusahaan global adalah sebuah orgganisasi yang berupaya untuk membakukan dan memadukan operasi-operasi di seluruh dunia dalam semua bidang fungsional
Perusahaan international merujuk pada perusahaan perusahaan global maupun domestik.
Globalisasi-apakah itu?
Definisi yang paling umum dan yang digunakan dalam bisnis internationa adalah globalisasi ekonomi-integrasi barng-barang, teknologi tenaga kerja, dan modal yang bersifat international, yaitu perusahaan perusahaan yang mengimplementasikan strategi-strategi global yangg menghubungkan dan menkoordinasikan kegiatan-kegiatan international mereka di seluruh dunia.
Kekuatan-kekuatan globalisasi
1.       Politik
Kontribusi kekuatan politik terhadap globalisasi dari operasi operasi bisnis:
a.       Pengurangan hambatan-hambatan terhadap perdagangan dan investasi luar negeri secara proresif
b.      Privatisasi banyak industri di bekas negara komunis dan pembukaan perekonomian mereka terhadap persaingan global.
2.       Teknologi
Kemajuan-kemajuan dalam teknologi komputer dan komunikasi memunginkan peningkatan aliran gagasan dan informasi yang melewati batas-batas negara, dan memungkinkan para pelanggan mengetahui barang-barang luar negeri. Internet dan komputerisasi jaringan memungkinkan perusahaan-perusahaan kecil bermaiin secara global karena memungkinkan adanya aliran informasi yang cepat tanpa mempedulikan lokasi fisik pembeli dan penjual.
3.       Pasar
Mengetahui bahwa pasar dalam negeri telah jenuh membuat perusahaan-perusahaan mulai merambah pasar-pasar di luar negeri terutama ketika para pemasar menyadari adanya suatu kesamaan selera dan gaya hidup pelanggan yang diakibatkan oleh meningkatnya perjalanan wisatawan, TV Satelit, dan pemakaian merek global.
4.       Biaya
Economies of sccale untuk mengurangi biaya per unit selalu merupakan tujuan manajemen. Perusahaan juga dapat menempatkan produk-produk di negara di mana biaya faktor produksi lebih rendah.
5.       Kompetisi
Kenyataan bahwa perusahaan-perusahaan mempertahankan pasar-pasar dalam negerimereka dari para pesaing dengan memasuki pasar-pasar dalam negeri pesaingg itu untuk mengganggunya.

Ledakan Pertumbuhan
Investasi langsung luar negeri
Sebuah variabel yang biasanya digunakan untuk mengukur di mana dan berapa cepat internationalisasi terjadi adalah meningkatnya total investasi langsungg luar negeri (foreign direct investment – FDI).
Jumlah perusahaan international
Anak perusahaan luar negeri telah menjadi semakin penting dalam kehidupan ekonomi dan industri di banyak negara, baik negara maju maupun sedang berkembang. Keadaan ini sangat berlawanan dengan keadaan ketika kepentingan ekonomi dominan berada di tangan warga negara setempat. Semakin pentingnya perusahaan-perusahaan milik asing dalam perekonomian lokal dipandang oleh sejumlah pemerintah sebaga ancama terhadap otonomi mereka. Tetapi para pemimpin pemerintah tersebut mengetahui bahwa perusahaan setempat harus memperoleh teknologi perdagangan modern dalam bentuk investasi langsung, membeli barang-barang modal, dan hak untuk menggunakan keahlian perusahaan international apabila mereka ingin bersaing di pasar dunia.

Kekuatan-kekuatan dalam lingkungan
Lingkungan adalah semua kekuatan yang menyelimuti dan mempengaruhi kehidupan dan perkembangan perusahaan.
Kekuatan-kekuatan yang tak dapat di kontrol adalah kekuatan-kekuatan external yang tidak di kontrol langsung oleh manajemen, meskipun dapat dipengaruhinya, terdiri dari:
1.       Persaingan, jenis-jenis dan banyaknya pesaing, lokasi-lokasi mereka dan kegiatan kegiatan mereka.
2.       Distribusi, agen-agen nasional dan international yang tersedia untuk mendistribusikan barang-barang dan jasa-jasa.
3.       Ekonomi, variabel-variable seperti PNB, biaya buruh per unit, dan pengeluaran konsuumsi pribadi yang mempengaruhi kemampuan perusahaan untuk melakukan bisnis.
4.       Sosioekonomi, karakteristik dan distribusi populasi manusia
5.       Keuangan, variabel variabel seperti suku bunga, tingkat inflasi dan perpajakan.
6.       Hukum, berbagai hukum international dan domestik yang banyak dan harus di patuhi oleh perusahaan-perusahaan interantional.
7.       Fisik, unsur-unsur alam seperti topografi, iklim dan sumber-sumber lain
8.       Politik, elemen-elemen politik negaa sperti nasinalisme, bentk pemerintahan, dan organisasi-organisasi international.
9.       Sosiokultural, unsur-unsur budaya seperti sikap, kepercayaan, dan pendapat yang penting bagi para pelaku bisnis international
10.   Buruh, komposiisi, keahlian dan sikap buruh
11.   Teknologi, keahliann teknis dan peralatan yang mempengaruhi bagaimana sumber daya diubah menjadi berbagi produk.
Kekuatan yang dapat dikontrol adalah kekuatan-kekuatan yang diatur manajemen untuk bberadaptasi dengan perubahan-perubahan dalam kekuatan yang tidak dapat dikendalikan. Sepertifaktor-faktor produksi (modal, bahan bakuu, dan tenaga kerja) dan aktivitas-aktivitas organisasi (persoalia, keuuangan, peroduksi dan pemasaran).
Lingkungan domestik adalah semua kekuatan tidak dapat dikontrol yang bersumber dari negara asal yang menyelimuti dan mempenggaruhi kehidupan dan perkembangan perusahaan.
Lingkungan luar negeri adalah semua kekuatan tidak dapat dikontrol yang bersumber dari luar negeri asal yang menyelimuti dan mempengaruhi kehidupan dan perkembangan perusahaan.
Lingkungan international adalah interaksi antaa kekuatan-kekuatan lingkungan domestik dan luar negeri atau antara beberapa perangkat kekuatan lingkungan luar negeri.
Pengambilan keputusan lebih rumit dibandingkan dengan lingkungan doestik yyang murni. Sehingga para manajer harus juga mempengaruhi anak-anak perusahaanya di negara-negara yang berbeda. Mereka tidak sajaharus memperhitungkan kekuatan-kekuatan domestik tetapi harus juga mengevaluasi pengaruh dari lingkungan nasional luar negeri.

No comments:

Post a Comment