Istilah
bisnis international
Bisnis international adalah bisnis yang kegiatan
kegiatannya melewati batas-batas negara.
Bisnis luar negeri berarti operasi operasi
domestik di dalam sebuah negara asing
Perusahan multidomestik adalah sebuah organisasi
dengan cabang cabang di banyak negara yang masing-masing cabang merumuskan
strategi bisnisnya sendiri berdasarkan perbedaan-perbedaan pasar yang difahami
Perusahaan global adalah sebuah orgganisasi yang
berupaya untuk membakukan dan memadukan operasi-operasi di seluruh dunia dalam
semua bidang fungsional
Perusahaan international merujuk pada perusahaan
perusahaan global maupun domestik.
Globalisasi-apakah
itu?
Definisi yang paling umum dan yang digunakan dalam
bisnis internationa adalah globalisasi ekonomi-integrasi barng-barang,
teknologi tenaga kerja, dan modal yang bersifat international, yaitu perusahaan
perusahaan yang mengimplementasikan strategi-strategi global yangg
menghubungkan dan menkoordinasikan kegiatan-kegiatan international mereka di
seluruh dunia.
Kekuatan-kekuatan
globalisasi
1.
Politik
Kontribusi kekuatan politik terhadap globalisasi
dari operasi operasi bisnis:
a.
Pengurangan
hambatan-hambatan terhadap perdagangan dan investasi luar negeri secara
proresif
b.
Privatisasi
banyak industri di bekas negara komunis dan pembukaan perekonomian mereka
terhadap persaingan global.
2.
Teknologi
Kemajuan-kemajuan dalam teknologi komputer dan
komunikasi memunginkan peningkatan aliran gagasan dan informasi yang melewati
batas-batas negara, dan memungkinkan para pelanggan mengetahui barang-barang
luar negeri. Internet dan komputerisasi jaringan memungkinkan
perusahaan-perusahaan kecil bermaiin secara global karena memungkinkan adanya
aliran informasi yang cepat tanpa mempedulikan lokasi fisik pembeli dan
penjual.
3.
Pasar
Mengetahui bahwa pasar dalam negeri telah jenuh membuat
perusahaan-perusahaan mulai merambah pasar-pasar di luar negeri terutama ketika
para pemasar menyadari adanya suatu kesamaan selera dan gaya hidup pelanggan
yang diakibatkan oleh meningkatnya perjalanan wisatawan, TV Satelit, dan
pemakaian merek global.
4.
Biaya
Economies of sccale untuk mengurangi biaya per
unit selalu merupakan tujuan manajemen. Perusahaan juga dapat menempatkan
produk-produk di negara di mana biaya faktor produksi lebih rendah.
5.
Kompetisi
Kenyataan bahwa perusahaan-perusahaan
mempertahankan pasar-pasar dalam negerimereka dari para pesaing dengan memasuki
pasar-pasar dalam negeri pesaingg itu untuk mengganggunya.
Ledakan
Pertumbuhan
Investasi
langsung luar negeri
Sebuah variabel yang biasanya digunakan untuk
mengukur di mana dan berapa cepat internationalisasi terjadi adalah
meningkatnya total investasi langsungg luar negeri (foreign direct investment –
FDI).
Jumlah
perusahaan international
Anak perusahaan luar negeri telah menjadi semakin
penting dalam kehidupan ekonomi dan industri di banyak negara, baik negara maju
maupun sedang berkembang. Keadaan ini sangat berlawanan dengan keadaan ketika
kepentingan ekonomi dominan berada di tangan warga negara setempat. Semakin
pentingnya perusahaan-perusahaan milik asing dalam perekonomian lokal dipandang
oleh sejumlah pemerintah sebaga ancama terhadap otonomi mereka. Tetapi para
pemimpin pemerintah tersebut mengetahui bahwa perusahaan setempat harus memperoleh
teknologi perdagangan modern dalam bentuk investasi langsung, membeli
barang-barang modal, dan hak untuk menggunakan keahlian perusahaan
international apabila mereka ingin bersaing di pasar dunia.
Kekuatan-kekuatan
dalam lingkungan
Lingkungan adalah semua kekuatan yang menyelimuti
dan mempengaruhi kehidupan dan perkembangan perusahaan.
Kekuatan-kekuatan yang tak dapat di kontrol adalah
kekuatan-kekuatan external yang tidak di kontrol langsung oleh manajemen,
meskipun dapat dipengaruhinya, terdiri dari:
1.
Persaingan,
jenis-jenis dan banyaknya pesaing, lokasi-lokasi mereka dan kegiatan kegiatan
mereka.
2.
Distribusi,
agen-agen nasional dan international yang tersedia untuk mendistribusikan
barang-barang dan jasa-jasa.
3.
Ekonomi,
variabel-variable seperti PNB, biaya buruh per unit, dan pengeluaran konsuumsi
pribadi yang mempengaruhi kemampuan perusahaan untuk melakukan bisnis.
4.
Sosioekonomi,
karakteristik dan distribusi populasi manusia
5.
Keuangan,
variabel variabel seperti suku bunga, tingkat inflasi dan perpajakan.
6.
Hukum,
berbagai hukum international dan domestik yang banyak dan harus di patuhi oleh
perusahaan-perusahaan interantional.
7.
Fisik,
unsur-unsur alam seperti topografi, iklim dan sumber-sumber lain
8.
Politik,
elemen-elemen politik negaa sperti nasinalisme, bentk pemerintahan, dan
organisasi-organisasi international.
9.
Sosiokultural,
unsur-unsur budaya seperti sikap, kepercayaan, dan pendapat yang penting bagi
para pelaku bisnis international
10.
Buruh,
komposiisi, keahlian dan sikap buruh
11.
Teknologi,
keahliann teknis dan peralatan yang mempengaruhi bagaimana sumber daya diubah
menjadi berbagi produk.
Kekuatan yang dapat dikontrol adalah
kekuatan-kekuatan yang diatur manajemen untuk bberadaptasi dengan
perubahan-perubahan dalam kekuatan yang tidak dapat dikendalikan. Sepertifaktor-faktor
produksi (modal, bahan bakuu, dan tenaga kerja) dan aktivitas-aktivitas
organisasi (persoalia, keuuangan, peroduksi dan pemasaran).
Lingkungan domestik adalah semua kekuatan tidak
dapat dikontrol yang bersumber dari negara asal yang menyelimuti dan
mempenggaruhi kehidupan dan perkembangan perusahaan.
Lingkungan luar negeri adalah semua kekuatan tidak
dapat dikontrol yang bersumber dari luar negeri asal yang menyelimuti dan
mempengaruhi kehidupan dan perkembangan perusahaan.
Lingkungan international adalah interaksi antaa
kekuatan-kekuatan lingkungan domestik dan luar negeri atau antara beberapa
perangkat kekuatan lingkungan luar negeri.
Pengambilan keputusan lebih rumit dibandingkan
dengan lingkungan doestik yyang murni. Sehingga para manajer harus juga
mempengaruhi anak-anak perusahaanya di negara-negara yang berbeda. Mereka tidak
sajaharus memperhitungkan kekuatan-kekuatan domestik tetapi harus juga
mengevaluasi pengaruh dari lingkungan nasional luar negeri.
No comments:
Post a Comment