Rp25 Miliar Kredit untuk Sarjana Calon Wirausaha

Jakarta (ANTARA News) - Lembaga Pengelola Dana Bergulir (LPDB) KUMKM menyiapkan, minimal Rp25 miliar dana bergulir untuk bantuan modal pinjaman kepada sarjana calon wirausaha.

"Tahun ini kami menyiapkan Rp25 miliar untuk sarjana calon wirausaha dengan rata-rata pinjaman Rp5 juta-Rp10 juta per orang," kata Direktur Utama LPDB KUMKM, Fadjar Sofyar di

Jakarta, Senin.Ia mengatakan, alokasi anggaran itu dapat ditingkatkan bila antusiasme calon debitur terus bertambah dan akan terus disesuaikan dengan permintaan yang ada.

Bantuan perkuatan modal itu diberikan dengan cara linkage melalui koperasi yang kemudian akan menyalurkan pinjaman kepada sarjana calon wirausaha.

Belum lama ini, pihaknya menyerahkan bantuan sebesar Rp500 juta kepada koperasi yang akan menyalurkan kredit kepada 39 calon wirausaha sarjana dari Yogyakarta.

Sarjana yang dimaksud adalah seseorang yang telah lulus dari bangku kuliah dan telah siap membuat rencana bisnis yang layak dengan memperhitungkan dan memperhatikan pengembangan ekonomi di lingkungan tempat tinggalnya.

Sarjana calon wirausaha juga dapat menempuh cara lain untuk mengakses bantuan LPDB KUMKM yakni mengikuti pelatihan yang diselenggarakan Kementerian Koperasi dan UKM.

Tahun ini, Kementerian Koperasi dan UKM menargetkan minimum mampu menciptakan 1.000 sarjana wirausaha baru.

Deputi Bidang Pengembangan SDM KUMK Kementerian Koperasi dan UKM, Neddy Rafinaldi Halim, mengatakan, pihaknya akan memfasilitasi pelatihan bagi sarjana calon wirausaha.(H016/B010)

No comments:

Post a Comment