Commanditaire Vennootschap (CV)


Commanditaire Vennootschap atau biasa juga disebut Perseroan Comanditer adalah perseroan dengan cara menyediakan modal dilakukan antara seorang atau lebih pesero-pesero yang bertanggung jawab sepenuhnya dengan seorang atau lebih yang menyediakan modal. Perusahaan ini merupakan percampuran antara persekutuan orang dengan persekutuan modal.

Pada persekutuan ini ada dua bentuk golongan,yaitu :
Sekutu aktif adalah mereka yang benar-benar mengelola perusahaan,mereka bertanggung jawab penuh dengan harta kekayaannya sendiri akan kewajiban perusahaan terhadap pihak ketiga.
Sekutu pasif adalah mereka yang ikut serta dengan menyerahkan modal dan tidak turut bekerja, risiko yang ditanggungnya hanya sebesar modal yang dimasukkan.


Beberapa kelebihan CV, yaitu:
  • Menggunakan akta otentik (akta di bawah tangan) maksudnya secara lisan dan tertulis, tidak memerluikan suatu formalitas
  • Peraturan-peraturan tentang pembagian untung dan rugi berdasarkan besarnya modal yang ditanam
  • Kekayaan pribadi dipisahkan dengan kekayaan perusahaan, sehingga kekayaan pribadi tidak dilibatkan apabila perusahaan mengalami masalah.

0 komentar:

Poskan Komentar

About Aditya Gumay

Aditya GumayAditya Gumay merupakan Mahasiswa Semester VI Fakultas Ekonomi, Jurusan Management and Marketing di Universitas negeri Medan, UNIMED.

Anda dapat menemukan Aditya Gumay  pada Twitter, Facebook, Koprol dan Google+.
Blogumulus by Roy Tanck and Amanda Fazani
Disini Kode HTML Content Widget YANG INGIN SOBAT TAMPILKAN PADA TAB 2
Disini Kode HTML Content Widget YANG INGIN SOBAT TAMPILKAN PADA TAB 3